Bupati Torut, Resmikan Kelas Jauh SMP 4 Satap di Denpina Kapolang

0
560

TORAJA UTARA, – || Jurnaltivi.com || Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui pendidikan di Kabupaten Toraja Utara terus ditingkatkan.

Oleh karena itu, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, meresmikan Kelas Jauh Satap SMP 4 Denpina atau SMP Negeri 1 Denpina Kapolang, Sabtu, 19 September 2020, untuk beroperasi. Kebijakan itu diambil mengingat jarak tempuh siswa SMP yang jalan kaki sejauh 8 kilometer untuk sekolah di Rantetayo, Tana Toraja.

“Hari ini saya resmikan dua ruang kelas. Tahun depan, kita akan bangun lagi tiga RKB (ruang kelas baru) sekaligus, yang permanen, di sekolah ini,” tegas Kalatiku.

Usai meresmikan kelas jauh SMP N 1 Denpina Kapolang, Kalatiku kemudian meninjau kondisi Sungai Sa’dan di Kapolang dan Tapparan sebagai jalur yang digunakan bagi penggemar arung jeram.

“Saya melihat kondisi jalur arung jeram, masyarakat meminta agar dibuatkan dermaga di Kapolang, sehingga jalur arung jeram dari Dende’ bisa finis di Kapolang,” Terang Kalatiku.

Selain rencana pembangunan dermaga untuk perahu karet, pemerintah Kabupaten Toraja Utara juga rencananya akan membangun jalan beton ke lokasi dermaga tersebut.

“Itu sudah masuk rencana kita. Tahun depan kita realisasikan pembangunan jalan, sebab masyarakat di sana rela tanahnya dipakai untuk jalan,” Tutup Kalatiku. (Joni/JTV)

LEAVE A REPLY