Sambut Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup, KPH Saddang II Gandeng Pemkab Lakukan Penghijaun

0
380

TORAJA UTARA, – || Jurnaltivi.com || Dalam rangka memperingati Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup, KPH Saddang II melakukan aksi peduli lingkungan dengan menanam sejumlah pohon dan bersih – bersih di wilayah Kaleakan Nanggala, senin 14 juni 2021.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, serta menumbuhkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan demi masa depan bangsa.

Ket Foto : Kepala KPH Saddang II, Gazali D. Ichsan mendampingi Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V. Palimbong.

Program rutin tahunan dalam rangka menyambut Hari Bumi dan Lingkungan Hidup tersebut dihadiri Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V. Palimbong, yang dalam sambutannya mengatakan, kepedulian KPH Saddang II Toraja Utara dalam upaya pelestarian lingkungan hidup harus terus didukung. Ungkap Wakil Bupati.

“Kepedulian KPH Saddang II Toraja Utara dalam upaya pelestarian lingkungan hidup harus terus didukung dan terima kasih karena melibatkan pemerintah daerah dalan kegiatan ini, kedepan Pemkab akan menjadikan kegiatan Penamaman Pohon menjadi kegiatan wajib, seperti Semua Siswa diwajibkan tanam pohon, termasuk Tenaga Honorer dan juga yang akan melangsungkan pernikahan” Tutup Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V. Palimbong.

Sementara Kepala KPH Saddang II, Gazali D. Ichsan mengatakan, siap mendukung semua Program Pemkab dalam rangka Pelestarian Lingkungan, seperti Penyiapan Bibit dan pelibatan diri untuk Penghijauan Kota. Tegas Gasali.

Ket Foto : Kepala KPH Saddang II, Gazali D. Ichsan mendampingi Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V. Palimbong. Saat Melakukan Penanaman Pohon.

“Kawasan Hutan Lindung Nanggala meruapakan bagian dari rencana bisnis plan KPH Saddang II untuk 10 Tahun ke depan dalam rangka pengelolaan hutan wisata, untuk tahap awal sudah ada sejumlah sarana pendukung seperti bekas gedung PT. Telkom, dan bangunan gasebo, toilet, sepeda gantung, menara pemantau serta gerbang. untuk tahap selanjutnya akan dibangun arboretum, penangkaran satwa endemik toraja, jalur tracking ke puncak tiro tasik dan bumi perkemahan yang semuanya bisa dikerjasamakan dengan pemkab, Uangkap Gazali.

Untuk diketahui dalam melakukan penghijaun Pihak KPH Saddang dua juga melibatkan kelompok pecinta alam dan paramuka se rantepao untuk menanam tanaman jenis Tabebuya (Sakura Indonesia), Ketapang Kencana, Glodokan Tiang, Tanaman Produktif  (Mangga, Rambutan dan Manggis) serta berbagai macam Tanaman Kehutan Lainnya. (Joni/JTV)

LEAVE A REPLY