Musda Dekopinda Wujudkan Inovasi dan Digitalisasi Koperasi di Kabupaten Tana Toraja

  • Bagikan

TANA TORAJA, – || Jurnaltivi.com || Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tana Toraja menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda), dengan para anggota Dekopinda disalah satu wisma yang terletak di Kelurahan Tambunan, Kecamatan Makale, Jumat,19/2/2021.

Acara yang dibuka Ketua Dekopinwil Provinsi Sulawesi Selatan Drs.H Asrullah Awing tersebut berharap, kehadiran koperasi ditengah masyarakat dapat meningkatkan perekonomian, mengingat Tana Toraja telah didukung oleh insfrastruktur pembangunan, yang salah satunya adalah akses koperasi pertanian dan koperasi pariwisata. Kata Asrullah dalam sambutannya.

“Koperasi sangat sesuai dengan budaya kekeluargaan dan gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Oleh karena itu pembangunan perkoperasian harus terus ditingkatkan agar dapat mewujudkan koperasi sebagai organisasi yang bisa membantu masyarakat melalui usaha mikro dan usaha kecil dalam menanggulangi masalah pengangguran dan keterpurukan ekonomi di tengah pandemi covid-19 saat ini. Apalagi diera industri, koperasi harus mulai menggunakan teknologi informasi melalui digitalisasi, koperasi akan menjadi garda terdepan dalam etalase perdagangan nasional maupun dunia. Tegas Asrullah Awing.

Sementara Ketua Dekopinda Kabupatean Tana Toraja Anton Sera’ Sima, SIP mengatakan, koperasi harus melakukan perubahan agar semakin berperan untuk menyejahterakan masyarakat. Menetapkan arah strategi dan kebijakan pembangunan ekonomi di Kabupaten Tana Toraja sesuai Renstra Dekopinda 5 tahun kedepan, serta menjalankan amanah konstitusi Dekopinda dalam AD/ART Dekopin, menjaga kesinambungan, keharmonisan organisasi, kebijakan dan program pemberdayaan gerakan koperasi.

Anton menyebutkan, selama dua periode memimpin Dekopinda Tana Toraja ia jadi mengetahui bagaimana seluk beluk koperasi di Tana Toraja. Ia berharap siapapun yang melanjutkan kiprahnya nanti bisa membawa koperasi di Tana Toraja semakin bagus dan bisa semakin produktif.

“Dengan pengembangan unit usaha anggota, maka kesejahteraan dan upaya menghidupkan ekonomi kerakyatan dapat tercapai, sebab melalui gotong-royong yang merupakan jati diri bangsa, koperasi akan bisa maju dan berkembang agar koperasi di Tana Toraja terus berbenah.Terang Anton.

Mengahiri sambutannya Anton tak lupa berpesan di musda Dekopinda Tana Toraja yang juga dalam rangka Pemilihan Pimpinan Dekopinda Tana Toraja Masa Bakti 2021-2025 ini untuk bisa menyederhanakan program sehingga ke depan keberadaan koperasi dapat menjadi seperti apa yang dicita-citakan yakni tercapainya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. (Asri/JTV)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *